Wednesday 10 February 2016

Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah

Assalamu'alaikum Wr Wb

HALO SOBAT SEMUANYA, sudah lama gue gak posting lagi di blog ini, dikarenakan kesibukan sebagai seorang mahasiswa hahaha..

oke di kesempatan kali ini, gue bakalan cerita gimana sih rasanya jadi mahasiswa baru dan gimana caranya biar ga salah masuk jurusan

sebelum gue cerita gimana kehidupan menjadi seorang mahasiswa, gue bakalan kasih sedikit tips mengenai pemilihan jurusan, karena ini SANGAT MEMPENGARUHI MASA DEPAN LO. Yang harus lo pikirin mateng mateng yaitu 'jurusan apakah yang sesuai dengan minat dan bakat', soalnya ini merupakan modal utama dan faktor penentu apakah lo cocok di jurusan tersebut.
selain itu, lo juga harus sering nyari informasi jurusan yg lo pengen tembus, cari dari berbagai sumber untuk bahan referensi, perlu diperhatiin juga tentang prospek ke depan nya. tapi kalo menurut gue sih kalo lo emang udah cocok sama jurusan nya, yaudah ntar kuliah lo bakalan adem adem wae, ga usah ambil pusing gaess..

oke bahasan selanjutnya kalo udah jadi Mahasiswa...
NAH INI YANG BIASANYA JADI MASALAH buat para mahasiswa baru.. baru sebentar kuliah, udah ngerasa kalo mereka tuh salah jurusan-lah, gak cocok-lah, anu itu ieu lah matak pusing kana sirah ge hoaaaa (sebenernya gue juga pernah ngerasa salah jurusan sih, bhaakk)
jadi gini, mungkin merasa salah jurusan tuh karena baru masuk kuliah dan baru ngerasain gimana rasanya jadi mahasiswa dan merasa lingkungan belajar ga cocok. waktu awal awal kuliah, gue juga ngalamin hal begituan, yang sempet bikin gue pengen ikutan SBMPTN lagi (padahal sampe sekarang masih pengen ikutan SBMPTN). OH IYA, btw gue sekarang jadi mahasiswa perguruan tinggi negeri vokasi di Bandung, Politeknik Negeri Bandung, Jurusan Teknik Mesin.

Awalnya gue sempet galau sampe nangis darah, ga lah, ga sampe gitu juga hahaha.. tapi bener sih pernah nangis gara gara begituan wks..
gue ngerasa kalo jurusan yg sekarang gue jalanin tuh ga cocok, soalnya berdasarkan tes minat dan bakat waktu SMA, gue bener bener ga cocok buat diem di bengkel & ngoprek mesin/alat berat.
gue juga sempet minta saran orang tua dan temen temen, kira kira apa yang harus gue lakuin, apakah gue mesti lanjut atau resign. Nah dari berbagai masukan itu, gue coba jalani aja sampe sekarang, DAN AKHIRNYA GUE SAMPE LUPA kalo dulu gue pernah ngerasa ga cocok di Teknik Mesin, jadi sekarang Alhamdulillah gue udah mulai nyaman disini

Jadi guys buat lo yang mau milih jurusan, inget apa kata gue tadi, pertimbangkan, cocokan sama minat dan bakat lo, dan jangan lupa minta saran dan minta restu dari orang tua, oh iya, DO'A juga jangan sampe kelupaan. tapi kalo emang lo ngebet banget pengen masuk jurusan yg kira kira kurang cocok sama lo, jalani aja, toh nanti juga lo bakal nyesuain sama lingkungan

BTW, sampe sekarang, selama gue jadi mahasiswa Teknik Mesin, gue masih punya cita cita buat jadi dokter, so nanti gue bakalan ikutan SBMPTN lagi hahaha.. tapi belajar SBMPTN sambal kuliah itu ga gampang guys, butuh management waktu yang bener bener serius. Jadi buat lo yang sekarang masih SMA, gunakan waktu sebaik mungkin, jangan biarkan waktu yang mengatur lo, tapi lo yang harus mengatur waktu.

Buat lo yang mau jadi petarung SBMPTN, ga ada lagi waktu buat main main, ga ada lagi waktu buat keluyuran kesana kemari, maksimalin waktu buat belajar (padahal gue sendiri sekarang kagak belajar).

Apapun hasilnya nanti, jangan kecewa, bisa jadi hal itu merupakan yang terbaik untuk kita
Belajarlah sekeras mungkin seakan SBMPTN akan digelar esok hari, Berusahalah seakan kau akan hidup di dunia selamanya, dan Beribadahlah seakan kau akan mati esok hari
Tetaplah berusaha, karena hasil tidak akan mengkhianati usaha
kalo kata temen gue sih "We Have Plans, but Allah Decides"

Wassalamu'alaikum Wr Wb

1 comment: